Sunday, November 10, 2019

Tutorial Cara Mengukur Panjang Pendek Objek Di Coreldraw Secara Otomatis | Berguru Coreldraw

Pada ketika kita menciptakan sebuah objek di corel draw, pernah kepikiran nggak berapa panjang dan pendek garis pada objek yang kita buat? Kalau pun kita kepingin tahu, mungkin mengukurnya dengan cara manual, ialah bikin garis dulu lalu dilihat berapa panjangnya.
Bagi kalian yang belum tahu, ternyata di corel draw ada cara otomatis dalam mengukur atau mengetahui panjang pendek sebuah dengan memakai Parallel Dimension.

Bagaimana cara menggunakannya? Yuuk kita cari tahu bersama cara mengetahui panjang pendek objek atau garis di corel draw secara otomatis.

Langkah pertama misalkan aku menciptakan bangkit limas segiempat ibarat ini. Kalian dapat bikin objek lainnya semisal persegi, persegi panjang, jajar genjang, segitiga maupun bentuk objek lainnya.
Kemudian aku kepingin tahu berapa panjang dan pendek dari masing-masing garisnya ya?
Untuk mengetahuinya secara otomatis dan cepat, silahkan klik tool Parallel Dimension pada kumpulan Toolbox yang tersedia.
Misalkan aku akan mengukur garis samping terlebih dulu. Klik kiri tahan dari ujung garis pertama hingga muncul goresan pena node berwarna biru, lalu drag hingga garis kedua hingga muncul goresan pena node berwarna biru.
Jika sudah, klik dan tarik ke samping hingga muncul proses garis ibarat ini
Langkah terakhir lepaskan klik dan lihat hasilnya. Panjang garis akan muncul secara otomatis disertai dengan satuan ukurannya. Kalian juga dapat mengganti satuan ukuran selain mm, misal cm, m, dll.
Silahkan ukur bab lainnya dengan cara yang sama
Bagaimana ada pertanyaan? Praktis sekali kan cara mengukur panjang dan pendek objek di corel draw secara otomatis? Jika ada yang belum jelas, silahkan bertanya pada kolom komentar yang sudah aku sediakan. Semoga bermanfaat.

1 comments:

  1. kalo bidang nya datar mah iya,, nah kalo bidang nya lengkung gimana, hayoo

    ReplyDelete

 

Resources

Travel

Labels